PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN AL-AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI LOMBOK BARAT

Penulis

  • Wildan Dosen STIT Al-Aziziyah, Jln. TGH. Umar Abdul Aziz II Kapek Gunung Sari Lombok Barat, kode pos 83351

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Pondok Pesantre

Abstrak

Pendidikan karakter memiliki esensi makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak  untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter di Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Aziziy ah Kapek Gunungsari; b) Untuk mengetahui permaslahan yang dihadapi dan solusinya dalam penerapan pendidikan karakter di Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Aziziyah  Kapek Gunungsari; c) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter di Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskripstif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tekinik analisis data yaitu pengeumpun data, perifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari diterapkan melalui berbagai kegiatan yang memuat penanaman nilai-nilai karakter seperti: a) Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan belajar mengajar; b) Mengadakan bimbingan baca Al-Qur’an; c) Memberikan suri tauladan atau contoh perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari; dan d )Peneguran terhadap santri yang melakukan kesalahan. 2) Nilai-nilai karakter yang diterapkan di pondok pesantren al-aziziyah kapek gunung sari dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori, yaitu: Nilai karakter hubungannya dengan Tuhan (iman, taqwa dan ikhlas) dan Nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri (jujur, bertanggung jawab, mandiri, kerja keras, disiplin, percaya diri, kreatif dan ingin tahu). 3) Permasalahan dalam penerapan pendidikan karakter dan solusinya di Pondok Pesantren Al-Aziziyah. Dalam implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Aziziyah terdapat masalah yang menjadi penghambat dan mempengaruhi keberhasilan pelaksaan pendidikan karakter. Permasalahan tersebut dapat berasal dari dalam pondok pesantren maupun dari luar pondok pesantren yaitu pendidik yang belum memahami pondok pesantren, karakteristik santri yang berbeda-beda, orang tua/wali yang tidak mendukung dan orang tua/wali yang tidak meneruskan pendidikan ketika santri berada di rumah. Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter adalah kebijakan pengelola pondok pesantren, lingkungan pondok pesantren, sarana dan prasarana, dukungan dari ustadz/ustadzah dan dukungan dari pengurus (mudabbiroh).

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-18

Terbitan

Bagian

Penulis Jurnal

Kategori