PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SANTRI (STUDI KASUS SANTRIWAN PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’ANIYAH TATO DESA SANDIK KACAMATAN BATU LAYAR
Kata Kunci:
Pendidikan Pesantren, Kemandirian Belajar, Pondok PesantrenAbstrak
Fungsi pokok pesantren adalah mencetak ulama dan ahli agama. Kegiatan pembelajaran yang terjadi di pesantren tidaklah sekedar pemindahan ilmu pengetahuan dan keterampilan tertentu tetepi yang terpenting adalah penanaman dan pembentukan nilai-nilai tertentu kepada santri. penelitian ini adalah penelitian kualotatif desktiptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan metode: a) Deduktif, cara berpikir yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum dan bertitik pada pengetahuan umum untuk menilai suatu kejadian yang khusus; dan b) Induktuf, cara berpikir yang berangkat dari fakta-fakta khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkret kemudian digeneralisasi yang mempunyai sifat umum. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah meliputi manajemen, tujuan, kurikulum dan proses belajar mengajar.