KARAKTERISTIK PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN SUFI
Kata Kunci:
Karakteristik, Pendidikan, Lingkungan SufiAbstrak
Pendidikan Islam berkembang semarak pada abad II dan III Hijriah, dimulai dari masa Bani Umayyah dan kemudian mengalami puncaknya pada masa dinasti awal Abbasiyah. Pendidikan di lingkungan sufi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan lembaga dan model pendidikan lainnya, baik terkait dengan tujuan, kelembagaan, sistem pendidikan, metode pendidikan, maupun evaluasinya. Tujuan pendidikan sufi adalah untuk mencapai tingkat taqarrub kepada Allah, dengan prilaku yang ditanamkan seperti zuhd dan faqr. Cara yang ditempuh untuk memper-olehnya adalah dengan cara menyepi di suatu tempat atau lembaga tertentu dan cenderung mengabaikan kehidupan dunia. Sistem pendidikannya melalui baiat, mementingkan sislilah, mengajarkan materi-materi yang terkait dengan ibadah, shalat, wirid, yang diamalkan secara langsung dengan cara tertentu dan dibimbing mursyîd. Metode pendidikannya adalah peneladanan, pembiasaa, tawajjuh dan rabithah. Evaluasi akhir pendidikan ini adalah ijazah, atau pengakuat mursyîd terhadap kematangan muridnya dalam penguasaan amalan-amalan yang diajarkan.