STUDI URGENSITAS GURU TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZIYAH LOMBOK BARAT

Penulis

  • Muhammad Irfan Syahroni STIT Al-Aziziyah, Jln. TGH. Umar Abdul Aziz II Kapek Gunung Sari Lombok Barat, kode pos 83351

DOI:

https://doi.org/10.62552/ejam.v4i1.72

Kata Kunci:

Urgensitas, Guru, tahfidz, Pondok Pesantren

Abstrak

Pendidikan Al-Qur’an merupakan hal paling mendasar dalam memahami ajaran-ajaran agama yang secara implisit maupun eksplisit harus mampu dipahami dengan baik. Langkah kongkrit yang harus dilakukan adalah dengan menghafalnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, peran yang dilakukan guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri di Asrama Baet Mahasiswi Sholeha Ponpes Al-Aziziyah antara lain: memberikan motivasi kepada para santri, memberi tugas/target hafalan dan hukuman kepada para santri, dan membimbing para santri tetap murajaah. Kedua, hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri di Asrama Baet Mahasiswi Sholeha Ponpes Al-Aziziyah, yaitu: adanya santri yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, kesehatan ustadz yang dapat menganggu konsentrasi dalam proses belajar mengajar, adanya rasa malas dari diri santri ketika menghafal Al-Qur’an, adanya kecerdasan yang berbeda dari para santri, dan banyaknya tugas yang di berikan di kampus sehingga santri di asrama sulit untuk membagi waktu. Ketiga, solusi dari hambatan-hambatan yang di hadapi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di Asrama Khusus Al-Baet Mahasiswi Sholeha Ponpes Al-Aziziyah yaitu: memperbaiki niat yang semata-mata hanya karena Allah SWT, memperbanyak istighfar, mengingat perjuangan orang tua, meminta kepada mahasiswi senior untuk menyimak ketika guru tahfidz sedang berhalangan, dan mengurangi main HP/Telfon pintar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-15

Terbitan

Bagian

Penulis Jurnal

Kategori