PENERAPAN PEMBEAJARAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS QUR’ANIYAH

Penulis

  • Syarifudin STIT Al-Aziziyah, Jln. TGH. Umar Abdul Aziz II Kapek Gunung Sari Lombok Barat, kode pos 83351
  • Hudatullah STIT Al-Aziziyah, Jln. TGH. Umar Abdul Aziz II Kapek Gunung Sari Lombok Barat, kode pos 83351

DOI:

https://doi.org/10.62552/ejam.v4i1.82

Kata Kunci:

Pembelajaran Model Think Pair and Share, Akidah-Akhlak

Abstrak

Proses pembelajaran dilaksanakan oleh guru di dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, maka guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran secara professional termasuk dalam menerapkan pembelajaran kontekstual yang salah satunya adalah pembelajaran Model Think Pair and Share. Pembelajaran Model Think Pair and Share sebagai salah satu dari pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang menekankan pada siswa berpikir secara berpasangan untuk kemudian berbagai pengetahuan dan keterampilan, dengan langkah-langkah terapan yang terdapat di dalamnya yaitu membentuk kelompok belajar dan memberikan tugas masing-masing kelompok, memkirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan yang dikerjakan sendiri, kemudian siswa melakukan diskusi terkait tugas yang diberikan guru dengan pasangannya, dan kedua pasangan bertemu kembali dalam kelompok semula dan  membagikan hasil kerjanya kepada anggota kelompoknya. Pembelajaran Model Think Pair and Share ini diterapkan pada pembelajaran Akhlah terpuji. Untuk mendapatkan data terkait permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh berdasarkan fokus penelitian adalah guru kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran Model Think Pair and Share, dan problem yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran ini dikarenakan kurang mengkaji teori-teori pembelajaran khususnya pembelajaran Model Think Pair and Share dan kurangnya melakukan diskusi dengan guru-guru senior yang diyakini lebih memiliki pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Meski demikian tingkat keberhasilan siswa di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minum mata Pekajaran Akidah-Akhlak (75). Nilai rata Kelas VII A 80,22 dan Kelas VII B 80,29

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-15

Terbitan

Bagian

Penulis Jurnal

Kategori